Google disavow tools - Era baru SEO

Google Disavow Tools: Era baru SEO dimulai

 

Google Disavow Tools: Era baru SEO dimulai

Tidak dapat dipungkiri bahwa sejak bertahun-tahun para konsultan, pemain, dan penyedia jasa seo selalu berusaha ‘mengakali’ algoritma GOOGLE untuk mendapat top 10 ! Tujuannya hanya satu, TOP 10 = Top Traffic = More Awareness =More Money.  Kondisi ini terkadang membuat GOOGLE dan para “pemain seo” ini layaknya Virus dan Anti-Virus, Virus selalu berusaha bermultiplikasi menemukan celah sementara disatu sisi Anti-Virus berusaha untuk mendeteksi dan melebihi kemampuan sang Virus itu sendiri.

Untuk Google, sepertinya “Virus” buat algoritma mereka diantaranya :

  • Autoblog, Blog dengan isinya tidak dibuat oleh manusia namun dibuat oleh aplikasi tertentu dengan cara copas (copy and paste), ditukar padanan katanya (spinning) hingga artikel yang disusun dari beberapa artikel pada topik yang sama
  • Situs dengan backlink yang tidak natural. Dimana backlink didapat dengan menggunakan aplikasi tertentu untuk Blog Comment, Web 2.0, RSS, Social Bookmark,dan lainnya

Berbagai “Antivirus”pun mereka sudah keluarkan, Google Panda dan Penguin merupakan beberapa diantaranya , dan yang terakhir adalah Algoritma Google Exact Match Domain (EMD) . Namun ‘cara bermain’ para pemain seo ini tampaknya akan memasuki babak baru.

17 Oktober 2012: Lahirlah Google Disavow Tools

Klik disini untuk mengarah pada Google Disavow Tools

Google disavow tools - Era baru SEO

Seperti namanya Disavow (‘mengingkari/meniadakan’), tools ini memiliki fungsi untuk memberitahukan kepada google untuk tidak mengikutsertakan backlink pada halaman situs atau domain tertentu pada algoritma mereka. Contohnya: bila situs anda terkena pinalti karena terlalu agresif membuat link, atau merasa mendapat backlink dari situs porno/judi, maka dengan tools ini anda seperti melaporkan pada google untuk tidak menghitung backlink dari situs tersebut sebagai faktor backlink situs anda.

Ah, inikah kabar baik bagi anda yang terkena pinalti oleh google ? Tentu saja ! namun…..

Matt Cutts (Pimpinan dari  ‘search quality content’ Google)  dalam video blog-nya menyatakan bahwa anda harus berhati-hari dalam menggunakan tools tersebut dan anda disarankan untuk secara menual menghubungi webmaster dari situs yang bersangkutan untuk menghapus backlink situs anda secara manual.

Era baru optimasi mesin pencari (SEO) dimulai..

Disinilah pokok masalah dimulai. Bisa dibayangkan banyaknya orang yang akan memakai tools ini diantaranya:

  • Para pemain SEO yang “terlalu berlebihan” (over optimize) dalam membuat backlink
  • Para Auto Blogger dan Blogger yang membuat backlink secara otomatis
  • Para pebisnis yang terkena “Negative SEO”  oleh para kompetitornya
  • Para “korban” Google Penguin

Apa yang mungkin terjadi ? Sebuah database domain network dan situs2x backlink besar2xan akan mulai dihimpun oleh google.

Bertahun-tahun, semua webmaster dan para konsultan seo mengerti bahwa backlink adalah salah satu faktor yang dapat menaikkan situs masuk dalam top 10. Bertahun-tahun pula mereka (termasuk saya dan tim) menyusun backlink agar situs yang dioptimasikan masuk dalam top 10. Lalu, mengapa banyak para pemain seo yang saya hubungi via forum bahkan para internet marketer besar seperti Ed Dale begitu memiliki “kecemasan” terhadap hal ini, alasannya simple:

Backlink adalah sesuatu yang tidak mudah dihapuskan !

Bayangkan bila ratusan bahkan ribuan orang sekaligus melaporakan kepada Google bahwa backlink dari domain tertentu adalah illegal (tercantum dalam disavow tools untuk tidak diperhitungkan). Dan ternyata situs yang anda dan saya optimasikan dan sudah masuk dalam top 10 memiliki backlink dari domain/halaman serupa. Otomatis, domain/halaman ini akan “membunyikan alarm” pada google. Kejadian selanjutnya bisa anda tebak, Google akan menurunkan nilai/faktor backlink dari situs ini (bahkan dalam kondisi tertentu mungkin situs ini bisa dipinalti).

Contoh lainnya, selama bertahun-tahun, kami menggunakan salah satu tools yaitu SENUKE, sebuah tools SEO yang juga digunakan oleh ribuan internet marketer lainnya. Bisa dibayangkan para pengguna SENUKE yang ‘ngawur dan sembarangan’ kemudian melaporkan domain yang terdaftar aplikasi SENUKE dalam database ‘disavow tools’, sangat mungkin bagi google untuk melacak blog network / situs-situs yang digunakan untuk backlink yang digunakan ribuan orang bertahun-tahun.

Secara tidak langsung dengan adanya disavow tools, google menerapkan politik  ‘adu domba’  dengan tujuan yang tentunya untuk hal yang sangat positif: Mendeteksi akal-akalan para pemain seo !

Banyak yang percaya (termasuk saya), mungkin diakhir tahun 2012 atau pada tahun 2013 akan ada golongan ‘Hewan’ baru dalam algoritma google ini yang menggunakan data-data yang dikumpulkan dari database ‘disavow tool’ ini.

Apa yang dapat anda lakukan saat ini ?

Banyak rekomendasi yang saya temukan di Internet mengacu pada satu hal, sebisa mungkin jangan gunakan disavow tools ini. Namun jika situs anda terkena pinalti, tidak ada alternatif solusi terbaik tanpa menggunakannya toh ?

Saran saya lainnya:

  • Mulailah membangun backlink secara natural (tanpa bot), karena inilah visi yang Google inginkan, backlink berkualitas. Anda mungkin tidak dapat membuang ratusan/ribuan backlink, namun bila algoritma ‘hewan’ Google diluncurkan anda sudah memiliki modal backlink yang berkualitas
  • Jangan membeli backlink terlebih dahulu, anda tidak akan pernah tau bagiaman para penjual backlink mendapatkan backlink
  • Menggunakan bot/software untuk membuat backlink, kalau bisa hentikan. Namun semenjak google algoritma baru belum keluar, bila anda masih membuat backlink secara otomatis, gunakan seminim mungkin

Tetaplah waspada, karena semenjak Oktober 2012 ini, Google mulai dapat menyusun database dari blog network dari sebuah software, situs penjual link, dan skema backlink (link scheme) yang banyak digunakan orang

Saya ingat salah satu pepatah bijak diantara blogger yang berbunyi “Salah satu strategi SEO terbaik adalah tidak melakukan SEO“.. mungkin jadi pepatah terbaik saat ini. Setuju ?

Nara sumber:

  • http://www.eddale.co/google/beware-google-bearing-gifts
  • http://www.noblesamurai.com/blog/seo-news/google-changes-seo-forever-with-it%E2%80%99s-disavow-link-tool-what-you-need-to-do-right-now-3261/
  • http://googlewebmastercentral.blogspot.com.au/2012/10/a-new-tool-to-disavow-links.html
  • http://searchengineland.com/google-launches-disavow-links-tool-136826
  • http://www.seomoz.org/blog/googles-disavow-tool-take-a-deep-breath
  • http://www.warriorforum.com/adsense-ppc-seo-discussion-forum/696317-warning-google-s-disavow-links-tool-trojan-horse-search-engine-optimization-sem.html